solusi jika paket pos salah alamat dan tidak sampai

Selain mengantarkan surat, Pos Indonesia melayani pelanggan yang ingin mengantarkan paket. Permintaan ini meningkat seiring dengan peningkatan bisnis online di Indonesia. Banyak yang menyanjung karena Pos Indonesia masih dipercaya para pelanggan. Namun, ada juga pihak yang melayangkan komplain.

Salah satu komplain yang terjadi yaitu paket yang dikirimkan melalui pos salah alamat. Hal ini bisa terjadi karena kesalahan pengirim sendiri atau petugas pos.

Pelanggan bisa jadi salah memasukkan alamatnya. Bagi para pelaku bisnis online shop, ini bisa saja terjadi. Contohnya data alamat tertukar dengan pembeli lainnya. Kasus lain bisa saja salah menuliskan kode pos, atau alamat yang ditulis kurang lengkap.

Petugas pos pun manusia. Terkadang melakukan kesalahan yang tidak disengaja. Bisa jadi salah input data saat menerima paket dari pelanggan untuk dikirimkan.

Lantas, apa solusi jika paket pos salah alamat?

Solusinya tergantung dengan permasalahan yang ada. Hal ini tergantung dengan posisi paket, apakah sudah dikirimkan atau belum.

Jika terlanjur sudah dikirimkan, jangan dulu panik. Lakukan langkah-langkah di bawah ini:

1. Anda harus memastikan bahwa paket yang Anda kirimkan salah alamat Cek resi yang diberikan petugas pos Pastikan juga untuk mengeceknya pada sistem tracking Pos Indonesia di www.posindonesia.co.id atau di https://resinesia.com.

Namun, harus cerdas juga dalam melihat data pada sistem tracking. Seringkali, data dibuat berupa kode-kode tertentu. Alamat terkadang menjadi lebih singkat. Misalnya, alamat yang tercantum pada data di sistem tracking adalah BN KOPP. Padahal, alamat yang ditulis pada paket lebih lengkap dari itu.

Sebetulnya, alamat yang ditulis pada paketlah yang menjadi acuan kurir untuk mengantarnya, bukan alamat yang tercantum pada struk resi. Maka dari itu, jangan panik ketika melihat alamat di sistem tracking salah.

2. Segeralah menghubungi call center Pos Indonesia, HaloPos. Cara ini merupakan cara yang cukup cepat. Jawaban dan solusi akan langsung didapat begitu berkomunikasi langsung dengan petugas call center. Ada kemungkinan juga, paket Anda yang salah alamat akan segera diproses. Syaratnya, harus memberitahukan nomor resi.

Hanya saja, Anda akan dikenai tarif menelepon sesuai dengan ketentuan provider yang Anda pakai. Caranya pun cukup mudah. Dengan menekan 161 pada ponsel atau telepon, Anda akan terhubung dengan customer service Pos Indonesia.

Cara tersebut merupakan solusi jika paket Anda sudah terlanjur dikirimkan. Jika belum dikirimkan, caranya berbeda. Sebelum mengirimkan paket, sebaiknya:

·         Pastikan bahwa alamat yang ditulis sudah benar dan lengkap

·         Pastikan nama penerima benar

·         Wajib menuliskan nomor telepon penerima

·         Ketika menyerahkan paket kepada petugas pos Indonesia, lalu Anda mendapatkan resi, pastikan data yang ada pada resi pun benar. Disarankan cek resi pos saat itu juga karena paket masih ada di tempat yang sama.

·         Jika Anda termasuk pelaku online shop, pastikan alamat tujuan tidak tertukar dengan alamat pembeli lainnya. Perlu juga mengkonfirmasi ulang pada pembeli supaya tidak ada kesalahpahaman.

·         Begitupula jika Anda membeli barang dari e-commerce. Pastikan alamat yang ditulis benar dan lengkap.

Hal di atas merupakan solusi sekaligus tips supaya pengirim lebih teliti. Upaya pencegahan lebih baik dilakukan daripada harus kalut ketika mendapat masalah dengan kiriman paket.

Banyak sekali kasus paket pos yang alamatnya salah. Jika ini terjadi, paket akan gagal kirim dan ditahan di kantor pos sampai ada konfirmasi dari pelanggan. Maka dari itu, segeralah menghubungi HaloPos.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *