mau jadi Blogpreneur baca motivasi ini

Menjadi Blogpreneur merupakan pekerjaan yang tidak mudah dan membutuhkan kesabaran tinggi. Berikut ini ada 10 tips agar anda tetap termotivasi menjadi blogpreneur sejati.

  1. Kembali mengingat alasan anda untuk menjadi seorang Blogpreneur Sejati. Jawabannya mungkin karena anda membutuhkan uang dan anda tidak memiliki pekerjaan. Coba lihat ada berapa uang di dompet, mungkin dengan ini anda akan termotivasi lagi merampungkan beberapa proyek bisnis online. Atau bisa saja anda memilih menjadi Blogpreneur dikarenakan anda tidak suka lingkungan kerja pada perusahaan. Jika iya, ambil waktu sejenak dalam kamar, renungkan, semoga ide-ide segar dan cerdas akan muncul kembali dan membuat anda kembali termotivasi.
  2. Membuat ruangan kerja yang nyaman juga bisa membantu anda tetap termotivasi. Walaupun blogpreneur adalah kerja rumahan bukan berarti kenyamanan tempat merupakan hal yang remeh. Tempat yang tidak nyaman akan membuat cepat lelah, bosan, dan berujung pada keputus-asaan. Ruangan harus bersih, posisi komputer hendaknya di atas meja dengan kursi yang nyaman, posisi keyboard yang tepat juga membuat tangan tidak mudah lelah, buatlah agar peralatan ergonomis. Penerangan juga harus bagus agar mata tidak cepat lelah. Ketenangan ruangan juga harus diperhatikan agar jauh dari gangguan luar.
  3. Variasi tempat kerja. Sebagai seorang freelance anda dapat bekerja dimana saja – meja dapur, dipan, mobil, halaman belakang, atau tempat favorit anda di rumah. Juga perlu diingat bahwa banyak tempat publik yang juga nyaman untuk melakukan pekerjaan ini seperti perpustakaan, warung kopi yang ada WiFi. Tidak ada aturan anda harus kerja di rumah, dengan variasi pemandangan akan membuat anda muncul ide dan tambah bersemangat.
  4. Jadwal istirahat. Pastikan anda punya skedul yang jelas untuk beristirahat. Buatlah persetujuan dengan diri anda bahwa anda akan istirahat 15 menit setelah selesai menyelesaikan beberapa x proyek. Jika anda sedang beristirahat jangan hanya dengan duduk di depan komputer, bangun dan mulailah berjalan-jalan, lari-lari kecil, atau melakukan sedikit olah raga. Setelah istirahat anda akan merasa bahwa bukan hanya badan yang butuh istirahat tapi juga akan me-refresh dan mengembalikan energi dan kreatifitas otak.
  5. Memberi hadiah kepada diri sendiri. Menyuap diri sendiri akan membuat kita termotivasi. Jika anda sedang banyak mengerjakan proyek yang sulit berjanjilah pada diri anda jika anda bisa menyelesaikan hal ini maka anda akan melakukan x. X adalah sesuatu yang sudah anda impikan sejak lama seperti membeli sesuatu, tamasya ke tempat tertentu.
  6. Siapkan proyek yang lain. Secara umum ini adalah yang terbaik menghindari kemandekan. Bagaimanapun jika anda mendapati anda terhenti pada sebuah proyek maka anda bisa beralih ke proyek yang lain untuk sementara. Hati-hati dalam memilih pekerjaan yang punya perbedaan ketrampilan dasar karena bisa membuat kita tidak konsentrasi. Adapun jika kita berkecimpung dalam proyek yang berbeda bisa membawa kita pada energi segar serta ide yang segar pula.
  7. Membayangkan akhir kerja. Jika anda bekerja sendirian dalam sebuah proyek yang besar anda akan merasa bahwa pekerjaan ini seperti tanpa ujung atau batas. Bayangkanlah hasil akhir jika telah selesai, bayangkan bayaran yang akan anda dapat, dan bayangkan pujian yang akan anda terima.
  8. Konsisten terhadap rutinitas. Kebiasaan akan menjadi sesuatu yang sangat kuat dalam mendorong motivasi. Telah terbukti secara fakta bahwa kebiasaan susah dirusak. Sebagian orang menjadi berhasil merubah kebiasaan buruk dengan belajar dari buku atau kursus. Untuk kasus freelance, kebiasaan bisa membawa kepada suatu hal yang positif. Jika anda membangun kebiasaan kerja dalam beberapa hari maka anda akan mudah membuat jadwal dan memastikan proyek anda selesai tepat waktu.
  9. Perhatikan kesehatan. Tidak menyenangkan jika anda harus bekerja dalam keadaan sakit. Jagalah kesehatan dengan menjaga makanan, cukup istirahat, periksa dokter secara rutin. Pekerjaan ini memang boleh dibilang ‘rawan’ sakit. Semakin baik kondisi tubuh semakin banyak pekerjaan yang bisa dilakukan.
  10. Bangun sebuah group penopang. Ini penting anda mempunyai teman atau partner yang punya mimpi yang sama untuk menjadi kolega yang bisa saling menopang. Ini juga merupakan kunci sukses beberapa pebisnis online dimana mereka bekerja bersama-sama.

 

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *